Latihan Terbaik untuk Membentuk Tulang Kuat

Senin, 01 Desember 2014 - 09:08 WIB
Latihan Terbaik untuk Membentuk Tulang Kuat
Latihan Terbaik untuk Membentuk Tulang Kuat
A A A
TULANG yang kuat adalah kebutuhan minimum untuk tubuh yang sehat. Sebuah diet seimbang dan latihan sehari-hari, mempunyai peran yang penting dalam membentuk tulang kuat. Setelah usia 30, tingkat pembentukan tulang melambat. Pada tahap tersebut, hal terbaik untuk dilakukan adalah memaksimalkan pembentukan tulang dan meminimalkan kerusakan tulang. Untuk membangun tulang kuat, Anda harus mempertimbangkan dua hal penting yakni nutrisi dan olahraga.

Kalsium, protein dan Vitamin D merupakan syarat penting dalam diet untuk pembentukan tulang. Ini adalah fakta diketahui bahwa orang yang kurang atau tidak ada aktivitas memiliki kepadatan tulang yang sangat rendah.

Bahkan jika Anda berada di tempat tidur istirahat selama 4 bulan, ada kemungkinan Anda bisa kehilangan 10 persen dari kepadatan tulang Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga merupakan salah satu cara untuk membentuk kepadatan pada tulang.

Bertambahnya usia, adalah wajar bagi tubuh untuk menghadapi kondisi seperti osteoporosis, di mana tulang cenderung rapuh. Hal ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.

Tapi, latihan yang tepat akan menjaga tulang Anda cukup kuat. Aktif secara fisik merupakan kuncinya, karena hal ini secara langsung berkaitan dengan kepadatan tulang. Berikut ini adalah beberapa tips latihan untuk tulang sebagaimana dikutip dari Boldsky.

1. High impact weight bearing exercise
Ini adalah jenis latihan yang akan membantu membangun dan menjaga tulang agar kuat. Anda harus menghindari latihan ini jika Anda osteoporosis. Anda akan perlu memeriksa dengan dokter Anda sebelum melakukan latihan ini. Menari, hiking, jogging, berlari, tenis dan memanjat tangga adalah beberapa tips latihan untuk tulang.

2. Low impact weight bearing exercises
Ini adalah satu set latihan yang akan membantu Anda menjaga keseimbangan melawan gravitasi. Latihan ini cukup membantu kekuatan tulang. Ini adalah alternatif jika Anda tidak dapat melakukan latihan dampak tinggi. Aerobik low impact, dengan menggunakan tangga langkah mesin, cepat berjalan atau treadmill adalah tentang bagaimana cara untuk membuat tulang kuat. Anda hanya perlu memahami tubuh Anda dan bekerja dengan itu.

3. Resistance exercises lifting weights
Sit up, push up, penggunaan pita latihan elastis dan mesin berat adalah semua latihan yang membutuhkan ketahanan tubuh Anda. Latihan-latihan ini meliputi kegiatan yang akan menggerakkan tubuh. Salah satu tips latihan untuk tulang adalah dengan melakukan yoga atau pilates karena ini akan membantu meningkatkan kekuatan, keseimbangan dan fleksibilitas.

Karena, dalam latihan tidak terlalu berdampak dan justru akan membantu meningkatkan keseimbangan, postur dan seberapa baik Anda pergi tentang dengan kegiatan sehari-hari. Latihan keseimbangan bisa mengurangi risiko suka terjatuh. Latihan Postur akan membantu dalam mengurangi risiko kelainan pada tulang.

4. Exercise Programme
Salah satu tips latihan untuk tulang adalah bahwa Anda akan perlu memiliki program latihan rutin. Jika Anda sudah lama tidak melakukannya, Anda akan perlu untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulainya kembali. Jika Anda memiliki osteoporosis, jenis latihan yang perlu Anda lakukan akan berbeda. Tidak ada salahnya, Anda mulai melakukannya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6052 seconds (0.1#10.140)